.

WELCOME TO MY WORLD OF WORDS

10/31/10

EBC (E-Commerce and E-Business)

E-COMMERCE

















E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-Commerce dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C, retail). Kedua jenis eCommerce ini memiliki karakteristikyang berbeda.

Business to Business eCommerce memilikikarakteristik:
  • Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
  • Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
  • Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
  • Model yang umum digunakan adalah peer-topeer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
Business to Consumer eCommerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
  • Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
  • Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakuka inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
  • Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.


Keuntungan pengguna e-commerce bagi organisasi

  • Jangkauan global : e-commerce mengembangkan pasar dengan pengeluaran minimal, perusahaan akan mudah dan cepat menempatkan penyalur yang terbaik lebih banyak pelanggan dan partner bisnis secara global.
  • Model bisnis baru : e-commerce mengikuti banyak model yang inovatif yang menyediakan keuntungan strategi dan meningkatkan laba.
  • Biaya komuniaksi rendah : e-commerce meminimalisir biaya komunikasi. Internet lebih murah dari NAV.
  • Memperbaharui bahan baku perusahaan : bahan baku dari berbagai web seperti harga dari katalog dapat disetujui setiap menit. Semua perusahaan dapat selalu memiliki kepastian.

Keuntungan pengguna e-commerce bagi pelanggan

  • Banyak produk dan pelayanan : e-commerce menyediakan berbagai pilihan untuk pelanggan mereka dapat memilih berbagai penjualan dari berbagai produk.
  • Tidak ada pajak penjualan di banyak negara, bisnis online dibebaskan dipajak penjualan.
  • Komunikasi elektronik : commerce memberikan pelanggan lain dengan komunikasi elektronik dan bertukar ide dengan baik dengan bertukar pengalaman.
  • Produk dan pelayanan yang lebih murah : e-commerce sering menyediakan pelanggan dengan harga mahal yang lebih sedikit dan pelayanan yang dilakukan untuk berbelanja di banyak tempat dan perbandingan yang cepat.

Keuntungan pengguna e-commerce bagi masyarakat

  • Telekomunikasi : lebih banyak orang bekerja di rumah dan mengurangi perjalanan untuk bekerja atau berbelanja, menghasilkan lalu lintas yang lebih sedikit di jalan dan mengurangi polusi udara.
  • Meningkatkan standart hidup : beberapa peralatan dapat dijual dengan harga yang lebih murah , diikuti dengan keinginan masyatakat untuk membeli lebih dan meningkatkan standart hidup.
  • Harapan bagi kemiskinan : orang - orang ada pada negara ketiga untuk area pedalaman sekarang telah mulai menikmati produk dan pelayanan yang tidak adil dari dulunya. Ini untuk memasuki pekerjaan pembelajaran keterampilan profesional atau mendapatkan pengumpulan biaya.
  • Penyedia pelayanan umum : pelayanan umum seperti pelayanan kesehatan, pendidikan dan distribusi pelayanan pemerintah. Dapat tercapai dengan mengurangi biaya dan untuk meningkatkan kualitas.

E-BUSINESS






















E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.

Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu untuk membuka data pada sistem informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier dan dapat bertransaksi secara elektronik dengan mereka memanfaatkan internet.

Pelaku E-Business
‐ Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis

Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
‐ Teknologi informasi dan komunikasi
‐ Komputer, data yang telah terkomputerisasi
‐ internet

Kegiatan Sasaran
‐ Kegiatan bisnis
‐ Proses bisnis utama
‐ Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
‐ Operasi bisnis utama

Tujuan
‐ Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
‐ Transformasi proses bisnis
‐ Sharing informasi

Keuntungan
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Memberikan nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan produktivitas dan keutungan

PERBEDAAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS

Perbedaan antara e-business dengan e-commerce adalah ecommerce hanya berupa transaksi secara elektronik di internet sedangkan e-business termasuk juga pertukaran informasi secara online misalnya sebuah perusahaan manufaktur membagi informasi persediaan bahan baku ke supplier, sebuah lembaga keuangan membagi informasi tentang perbankan, credit card, dll dengan konsumen mereka, dan sebagainya.


Sumber:

No comments:

Post a Comment